Blue Ocean Strategy: Pengertian, Cara Mengembangkan, Contoh, Kelebihan dan Kekurangannya

blue ocean strategy 1

 

Pernah mendengar blue ocean strategy? Hampir semua dari kita pernah ke pantai untuk liburan akhir pekan atau liburan panjang! Jika bukan hari libur, kita pasti pernah melihat visual lautan dan lautan di media sosial dan televisi.

Bukankah kita? Laut sangat luas, dalam dan merupakan keajaiban alam yang paling membingungkan di dunia. Eksplorasi dan penelitian yang tepat dapat memberikan jalan bagi penemuan luar biasa dan memberi kami informasi tentang cakupannya dan prospek yang belum tergali.

Dengan cara yang sama, strategi pemecahan jalan, yang dikenal sebagai Blue Ocean Strategy, diperkenalkan oleh W. Chan Kim dan Renée Mauborgne. Ini adalah skema pemasaran pasifis dan dianggap sebagai alat perencanaan strategis untuk menilai bisnis.

Analogi Samudra Biru digunakan untuk membuka potensi yang lebih luas, tak terduga, kuat, dan luas di ruang pasar yang belum dijelajahi dalam hal pertumbuhan yang menguntungkan. Teori perencanaan strategis ini merupakan pelarian dari pengertian umum tentang benchmarking kompetisi dan fokus pada angka lump sum.

Apa sebenarnya Blue Ocean Strategy itu?

Blue Ocean Strategy adalah tentang merancang dan memperoleh target pasar yang potensial dengan memunculkan permintaan baru.

Karena industri belum ada sebelumnya, sama sekali tidak ada relevansi perbandingan serupa. Strategi ini memenuhi permintaan baru dengan membiasakan produk unik dengan fitur-fitur canggih yang berbeda dari yang lain.

Dengan kata lain, strategi tersebut memacu perusahaan untuk menawarkan produk yang sangat bernilai kepada konsumen dan mendukung perusahaan untuk menghasilkan keuntungan yang besar dan mengungguli persaingan.

Label harga produk umumnya dipertahankan pada sisi yang lebih konservatif karena monopoli mereka. Pendekatan Blue Ocean menghindari ideologi untuk mengungguli persaingan dan menegaskan untuk menciptakan kembali batas-batas pasar dan beroperasi dalam ruang yang baru lahir.

Jenis kepemimpinan dan manajemen yang diperlukan untuk memulai Blue Ocean Strategy berbeda dari manajemen perusahaan yang memiliki ambisi jangka pendek dan terutama berkonsentrasi pada peningkatan nilai pemegang saham dengan menaikkan harga saham melalui pembelian kembali, merger, dan akuisisi. Blue Ocean Strategy dapat diterapkan pada semua sektor atau, bisnis dan tidak terbatas hanya pada satu jenis.

Kebalikan dari konsep Blue Ocean Industries, ada Red Ocean Industries. Mari kita pahami konsepnya secara singkat sebelum beralih ke analisis lebih lanjut.

Baca juga: Apa itu Ceruk Pasar? Berikut Adalah Pengertian dan Tips Mengoptimalkannya

Red Ocean Industries

Red Ocean adalah industri yang saat ini ada atau, yang kita sebut target pasar yang diperebutkan.

Di Red ocean, ada batasan industri yang jelas yang diketahui dan terbuka untuk semua. Karena pengenalan dengan aturan kompetitif dan penerimaan batas yang ditarik, ruang pasar menjadi ramai dan akibatnya ada penurunan pertumbuhan dan profitabilitas.

Ketika produk berada di bawah beban tekanan harga, selalu ada kemungkinan bahwa operasi perusahaan berada di bawah ancaman yang nyata.

Perusahaan di bawah red ocean berusaha untuk mengungguli pesaingnya dengan meraih proporsi yang lebih tinggi dari pangsa pasar yang ada saat perusahaan lain mengalami kerugian.

Untuk menjaga diri mereka tetap bertahan di pasar, para pendukung Strategi Laut Merah berkonsentrasi pada menciptakan keunggulan kompetitif dengan memeriksa cetak biru rekan / pesaing mereka.

Ruang pasar yang jenuh seperti itu membuka jalan bagi persaingan tidak sehat yang berakhir sebagai lautan yang penuh dengan saingan yang memperebutkan kumpulan keuntungan yang semakin menipis. Perusahaan semacam itu terutama berusaha menangkap dan mendistribusikan kembali kekayaan alih-alih menciptakan kekayaan.

Target pasar semacam ini dapat dikorelasikan dengan perairan laut yang dipenuhi hiu yang bercucuran darah. Karenanya, istilah ini disebut Red Ocean Industry dan banya dunia bisnis telah melepaskan diri juga berusaha untuk melewati “Lautan Merah” untuk menciptakan “Lautan Biru” mereka sendiri.

Baca juga: Apa itu Tagline? Ini Pengertian, Jenis, dan Tips Membuat Tagline yang Efektif

Bagaimana Cara Mengembangkan atau Membuat Blue Ocean Strategy?

Blue Ocean Strategy menjadi kebutuhan saat penawaran melebihi permintaan di pasar. Ketika ada ruang lingkup terbatas untuk pertumbuhan lebih lanjut, bisnis mencoba dan mencari cara vertikal untuk menemukan lini bisnis baru di mana mereka dapat menikmati keuntungan dari pangsa pasar yang tidak terbantahkan atau ‘Blue Ocean’.

Untuk menemukan dan mengidentifikasi Blue Ocean yang menarik, kita perlu mempertimbangkan “Kerangka Empat Tindakan” untuk merancang aspek nilai pembeli dalam membuat kurva nilai baru. Kerangka Kerja Empat Tindakan meniru keberhasilan dan panduan strategis menuju jalur peluncuran prakarsa Blue Ocean.

Kerangka tersebut mengajukan empat pertanyaan kunci, yaitu:

1. Kembangkan

Ini mencakup poin-poin yang harus dikembangkan oleh industri dengan mengacu pada lini produk, label harga, dan kualitas layanan. Sebuah startup harus menganalisis pro dan kontra dari organisasi yang ada dan strategi mereka untuk aspek utama diferensiasi.

2. Kurangi

Ini menunjukkan arena produk atau layanan organisasi yang menggambarkan karakter penting dalam industri tetapi tidak mutlak bersifat esensial. Oleh karena itu, proporsi produk dapat dikurangi tanpa sepenuhnya menghapusnya.

3. Singkirkan

Ini menunjukkan arena organisasi atau industri yang dapat dihilangkan secara mutlak untuk tujuan memotong biaya dan juga untuk membuat pasar yang benar-benar baru.

Kadang-kadang, produk yang baru dibuat dapat menyebabkan pembunuhan sendiri atas produk yang sudah ada dan dengan demikian menyebabkan keengganan untuk mengganggu sumber pendapatan yang sebenarnya sudah usang.

4. Ciptakan

Ini mendorong perusahaan untuk membentuk produk yang luar biasa. Pengenalan lini produk yang sama sekali baru atau, layanan mengarah pada pembentukan pasar baru dan titik diferensiasi.

Identifikasi kebutuhan pasar sasaran memberikan pengetahuan yang baik tentang penambahan langkah-langkah unik dan akibatnya melacak kemajuan untuk menggambarkan Blue Ocean.

Sekarang kita telah membahas strategi samudra biru dan bagaimana menemukannya, mari kita juga membahas contoh bisnis berhasil dalam menggunakan dari strategi ini.

Posting Komentar

0 Komentar